Pj Bupati Mappi Resmikan Rumah Bantuan dan Program Instalasi Meteran Listrik

Penjabat Bupati Mappi, Dr. Michael R. Gomar S.STP., M.Si, meresmikan dan menyerahkan kunci rumah khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bantuan rumah sederhana.

Mappi, Papuadaily – Penjabat Bupati Mappi, Dr. Michael R. Gomar S.STP., M.Si, meresmikan dan menyerahkan kunci rumah khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bantuan rumah sederhana sehat tipe 57 dan rumah konstruksi kayu tipe 42.

Selain itu, Gomar juga meluncurkan program bedah rumah tidak layak huni serta bantuan penyambungan dan instalasi meteran listrik bagi masyarakat yang tersebar di kota Kepi dan berbagai distrik di Kabupaten Mappi.

Sejak tahun 2022 hingga 2024, Kabupaten Mappi telah membangun 364 unit perumahan yang terdiri dari 124 unit rumah baru dan 240 unit rumah yang direhabilitasi atau diperbaiki. Selain itu, 1.879 pelanggan telah menerima bantuan penyambungan dan instalasi meteran listrik.

Proyek-proyek ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Otonomi Khusus (Otsus) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Mappi.

Dalam sambutannya, Dr. Michael Gomar menekankan bahwa pembangunan rumah layak huni dan penyambungan instalasi listrik ini merupakan hasil dari kebijakan pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengharapkan agar program ini menjadi motivasi bagi pimpinan OPD lainnya untuk terus menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Rumah-rumah ini diperuntukkan bagi masyarakat, termasuk perumahan untuk guru dan tenaga medis di distrik-distrik,” ujarnya.

Valentinus Yabak, salah satu penerima manfaat program ini, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah. “Apa yang telah kita terima ini saya harap kita jaga dan rawat dengan baik,” katanya.