Pemkab Mappi Subdisi Penerbangan Kepi-Merauke Hanya Rp100 Ribu

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar dan Area Manager PT Trigana Air Papua, Irwan Rochendi saat penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama memberikan subsidi tiket penerbangan Kepi-Merauke kepada masyarakat.

Mappi, Papuadaily – Pemerintah Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan memberikan subsidi tiket penerbangan pulang pergi Kepi-Merauke hanya Rp100 ribu.

Pemberlakuan tiket pesawat subsidi mulai Kamis (23/5/2024) setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama antara Pemkab Mappi dan PT Trigana Air Service di Aula Dinas Pendidikan, Mappi, Papua Selatan. 

Dengan adanya subsidi tersebut, harga tiket yang semula berkisar Rp1,4 juta hingga Rp1,6 juta kini turun menjadi Rp100 ribu.

“Apa yang dilakukan Pemerintah hari ini semata-mata untuk membantu masyarakat orang asli Papua (OAP) sekaligus menekan laju inflasi, Pemerintah Kabupaten Mappi menyubsidi harga tiket pesawat Trigana Air dengan jalur penerbangan pulang pergi Kepi – Merauke,” ungkap Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar .

Michael menjelaskan, subsidi tiket ini merupakan bagian dari langkah pemerintah dalam mengendalikan inflasi yang saat ini masih terbilang cukup tinggi di Kabupaten Mappi. 

Seperti diketahui, salah satu indikator tingginya inflasi di Kabupaten Mappi disebabkan oleh mahalnya harga tiket, baik itu tiket penerbangan maupun tiket kapal pesiar. Dengan adanya subsidi ini, kata Gomar, tentunya menjadi langkah yang baik dalam menekan inflasi di daerah. 

“Kami akan tetap melakukan evaluasi ke hadapan kami semua masyarakat di Kabupaten Mappi. Kepada bapak/ibu yang hadir dapat segera melakukan sosialisasi mengenai adanya subsidi ini dan mekanismenya seperti apa,” tuturnya.

Selaku pimpinan daerah, Michael Gomar menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah ikut membantu mendukung program subsidi ini. 

Area Manager PT Trigana Air Papua, Irwan Rochendi, dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mappi yang telah melakukan kerja sama untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat orang asli Papua.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Mappi dalam hal ini Bapak Pj Bupati yang telah mempercayakan kami untuk menjalankan subsidi kepada OAP. Ini pertama kali bagi kami di pihak Trigana Air melayani penumpang subsidi dengan harga subsidi seperti ini,” kata Irwan.

“Kita Trigana Air tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat Papua khususnya di Papua Selatan. Penerbangan Kepi – Merauke pulang pergi tetap kita pertahankan,” tutupnya.