Pj Bupati Mappi Resmikan Puskesmas Kabe dan Tinjau Fasilitas yang Dibangun di Minyamur

Pj Bupati Mappi Dr. Michael R. Gomar S.STP, M.Si meresmikan Gedung Puskesmas Kabe yang Baru di Distrik Minyamur, Jumat (6/09/2024).

Mappi, Papuadaily – Penjabat Bupati Mappi Dr. Michael R. Gomar S.STP, M.Si meresmikan Gedung Puskesmas Kabe yang Baru di Distrik Minyamur. Gedung Puskesmas yag baru tersebut juga langsung diberkati oleh Pastor Peroki Akham, Pastor Julian S. Belyanan, M.Sc pada Jumat (6/09/2024).

Gomar menuturkan, pada bulan Oktober tahun 2022 lalu ketika baru kurang lebih tiga bulan menjabat sebagai Penjabat Bupati Mappi, pihaknya melakukan kunjungan kerja  ke semua distrik di Mappi dan terakhir di Distrik Minyamur. Ia mengunjungi sejumlah fasilitas pemerintah serta melakukan dialog dengan masyarakat setempat.

“Dan salah satunya dimana saya melihat secara langsung kondisi Puskesmas Kabe, setelah saya kembali ke Kepi saya menyampaikan kepada kepala Dinas Kesehatan terkait Puskesmas Kabe dan pak kadis juga menyampaikan kesanggupan agar Puskesmas Kabe bisa dibangun gedung yang baru,” tuturnya.

Lanjut Gomar, semuanya ini bisa berjalan dengan baik bukan hanya kebijakan sendiri dari Pj. Bupati atau kepala Dinas sebagai eksekutor. Akan tetapi yang tak kalah penting adalah dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Mappi.

“Semua ini bisa terjadi berkat sinergitas kita semua mitra pemerintah daerah. Kita Pemda merencanakan dan mengusulkan kepada Ketua dan Anggota DPRD dan akhirnya bisa dilaksankan kegiatan pembangunan gedung Puskesmas Kabe yang baru,” ucapnya.

Dikatakan pula, dalam pelaksanaan pembangunannya bukan hal yang mudah. Berbagai tantangan dan kendala tidak hanya transportasi, biaya dan satuan harga tetapi juga material yang digunakan yang dibawa dari luar Papua dengan kondisi geografis yang ada, serta kendala teknis lainnya namun itu semua bisa selesai dilaksanakan dan hari ini bisa dilangsungkan peresmian dan pemberkatan.

“Puji Tuhan berkat kerjasama kita semua maka pada hari ini kita bisa meresmikan dan pemberkatan gedung Puskesmas Kabe yang baru. Saya juga mengajak kita semua bersyukur atas kehadiran Bapa Paus Fransiskus ke Indonesia dan sudah melaksanakan Misa Kudus bersama seluruh umat katolik di Indonesia. Dan semua itu berjalan dengan aman dan lancar hingga beliau meninggalkan Indonesia untuk melanjutkan perjalanan apostolik,” ungkapnya.

Pj. Bupati menyebutkan, di Distrik Kabe tidak hanya pembangunan Gedung Puskesmas tetapi juga sejumlah fasilitas pendidikan, rumah ibadah hingga infrastruktur jalan sudah dibangun sementara sebagian lainnya masih dalam proses pembangunan hingga saat ini.

Kepala Distrik Minyamur, Narsisius M.S. Yermogoin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj. Bupati Mappi atas sejumlah fasilitas pemerintah yang sudah di bangun di Distrik Minyamur dalam dua tahun terakhir.

“Saya ajak seluruh masyarakat Distrik Minyamur untuk senyum menyambut berkat yang kita terima ini. Karena saat ini sejumlah pembangunan sudah di bangun. Dan ini sangat luarbisa pada hari ini juga  kita di kunjungi langsung oleh bapak Pj. Bupati bersama rombongan,” tuturnya.

Sementara itu kepala Dinas kesehatan, dr. Ronny H. Tombokan mengatakan bahwa Puskesmas Kabe berdiri dan beroperasi sejak tahun 2007. Namun kondisi Puskesmas masih jauh dari yang diharapkan, masih jauh dari standar untuk pelayanan kesehatan. Sementara pelayanan kesehatan yang layak adalah faktor yang sangat penting bagi seluruh masyarakat dimanapun berada. Tidak boleh dibeda -bedakan meskipun hal itu terkendala geografis wilayah yang sangat jauh.

“Pada bulan Oktober tahun 2022 setelah bapak Pj. Bupati melakukan kunjungan kerja di Distrik -Distrik beliau panggil saya dan bertanya kepada saya pak Kadis kira-kira Puskesmas Kabe layak di bangun baru kah. Dan saya langsung bilang sangat layak Bapak Bupati. Karena kondisinya belum standar terus ditambah letak geografis yang begitu jauh akses transportasi yang sulit untuk evakuasi pasien sehingga hal itu menjadi salah satu prioritas kami di Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

“Kadis Kesehatan menyebutkan pembangunan Gedung Puskesmas Kabe yang baru itu sudah sesuai dengan standar dan Prototipe yang diarahkan oleh Kementerian Kesehatan mulai dari gedung, alat kesehatan yang ada. Dalam waktu dekat Pukesmas Kabe yang baru akan dioperasikan. Bahkan saat ini juga Puskesmas Kabe sudah dalam proses persiapan untuk pelaksanaan survei re-Akreditasi,” lanjutnya.

Di Kesempatan yang sama, ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Distrik Minyamur, Basilius Y. Kamagai mengatakan mewakili seluruh masyarajat Distrik Minyamur dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Pj. Bupati Mappi atas terbangunan Puskesmas Kabe yang baru serta sejumlah fasilitas lainnnya di Distrik Minyamur.

“Kami dari masyarakat setiap tahun musrenbang di kantor Distrik yang biasa kita sampaikan ke kapada Pemda adalah masalah kehdipuan kita. Kendala kami adalah jalan, puskesmas, sekolah dan gereja. Sekarang ini baru ada jalan dari sumuraman sampe Kabe, Puskesmas sudah baru sekolah juga. Saya dan seluruh masyarakat Distrik Minyamur ucapkan terimakasih kepada bapak Bupati karena sudah bangun untuk kami di Minyamur,” pungkasnya. (*)